top of page

Pertemuan Ilmiah Tahunan Fisika Medis dan Biofisika 2017


Pada 10-12 Agustus 2017, AIPFMI turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pertemuan Ilmiah Tahunan Fisika Medis dan Biofisika 2017, yang merupakan acara ilmiah perdana di bidang Fisika Medis dan Biofisika yang diadakan dengan skala nasional, setelah sebelumnya acara-acara serupa dengan skala internasional pernah diadakan di Indonesia. Dengan UI sebagai host, acara dibuka oleh Dekan FMIPA UI dan dihadiri Ketua Departemen Fisika.

Dengan mengusung tema “Penguatan peran Fisika dalam memenuhi tuntutan kualitas layanan kesehatan nasional”, penyelenggara menerima respon yang sangat baik dari komunitas; acara kongres menarik 174 peserta dari berbagai institusi, dengan 51 makalah yang dipresentasikan. Makalah yang masuk akan dipublikasikan di dua venue yang berbeda; yakni buku proceeding, dan Journal of Medical Physics and Biophysics versi Bahasa Indonesia, sesuai rekomendasi komite ilmiah.


Setelah dibuka, kongres didahului dengan keynote speech dan empat sesi plenary, masing-masing untuk bidang Radioterapi, Radiologi Diagnostik, Kedokteran Nuklir, dan Biofisika. Dalam sesi terpisah, pembicara yang berkompeten pada bidangnya juga diundang untuk membawakan update di bidang keahlian mereka dalam bentuk 10 sesi invited speech yang akan mengawali sesi presentasi makalah di setiap track. Selain kongres ilmiah, 3 track workshop pra-kongres, diselenggarakan sehari sebelum pembukaan dengan dukungan 10 orang expert secara parallel, diikuti oleh 120 peserta semua sub-bidang.

252 views
bottom of page